Gusi Bengkak Bagian Belakang (Impaksi)

Kasus

Seorang pasien konsultasi ke dokter gigi mengeluhkan sakit dan bengkak pada gusi gigi kanan bawah paling belakang. Bengkak tersebut sudah satu minggu, sudah diberi obat kumur tapi tidak sembuh-sembuh. Saat menggosok gigi selalu berdarah. Dari pemeriksaan diketahui bahwa bagian belakang mahkota  gigi geraham bawah kanan tersebut tertutupi oleh gusi sebagian. Pembengkakan nyata berwarna kemerahan.

Penyebab
Dalam bahasa kedokteran gigi, kasus pasien tersebut dinamakan perikoronotis/ abses perikoronal akut, yaitu suatu infeksi akut  pada gusi di sekitar mahkota gigi yang terjadi karena gigi tidak erupsi (tumbuh) sempurna, mukosa yang menutupi sebagian gigi tersebut mengakibatkan terperangkap dan terkumpulnya bakteri dan sisa makanan. Biasanya terjadi pada gigi geraham bawah yang terakhir tumbuh yaitu pada biasanya tumbuh pada usia antara 17-25 tahun.

Gambaran klinis, tanda dan gejala
Muncul peradangan, kemerahan, pembengkakan yang berwarna kemerahan pada mukosa sekeliling gigi yang tidak tumbuh (erupsi) sempurna, sakit/nyeri bila ditekan atau waktu makan/ tidur/menyikat gigi, sering berdarah, terjadi kerusakan jaringan setempat, kadang terdapat nanah (supurasi), gangguan pengecapan, dan bau mulut.

Pemeriksaan radiologi
Pada hasil radiologi/ ronxgen foto periapikal menunjukkan adanya kerusakan tulang sekitar gigi yang terkena, yang disebabkan karena infeksi kronis yang terjadi sebelumnya.

Perawatan :
*Perawatan awal :
-  makan dan minum yang cukup
-  kumur  tiap habis makan dengan larutan garam hangat, dengan perbandingan garam dan air, 1 sendok the garam dilarutkan dalam 1 gelas air

*Perawatan lanjutan :

Pergi ke dokter gigi. Dokter akan memberikan antibiotik untuk mengontrol infeksi dan anti rasa sakit untuk mengurangi rasa sakit. Perawatan selanjutnya akan dilakukan insisi (pemotongan/pengambilan jaringan mukosa yang menutup gigi) yang dinamakan operkulektomi atau pencabutan gigi yang bersangkutan.

Rasa sakit yang hilang sesudah diobati, tidak akan bertahan lama, sewaktu waktu akan timbul lagi (kambuh) kalau penyebab awalnya belum dihilangkan yakni gusi yang menutupi gigi diambil atau pencabutan gigi yang bersangkutan. Pengobatan awal yang diberikan hanyalah untuk menghilangkan gejala akut penyakit. Karena pada kondisi akut (sakit dan meradang), tidak dapat dilakukan operkulektomi maupun pencabutan.

Impaksi

Gigi paling ujung ini disebut gigi bungsu. Gigi yang tumbuh setelah usia 17 tahun (kadang-kadang sampai usia 35 tahun, atau malahan tidak tumbuh sama sekali ke permukaan mulut, walaupun benihnya ada di dalam rahang), adalah gigi bungsu atau gigi yang berada di ujung paling belakang dalam lengkungan rahang. Gigi ini sering tumbuh tidak sempurna dalam segi letaknya dan bila tidak cukup ruangan untuknya bisa tumbuh miring dan hanya sebagian yang muncul ke permukaan mulut.Inilah yang disebut gigi impaksi. Masalah umum: Pada saat ia berusaha menembus gusi untuk tumbuh ke rongga mulut, sering menimbulkan rasa sakit, karena gusi penutupnya tergigit.Bisa juga meradang karena sisa makanan yang terselip di antara gigi bungsu dengan gigi depannya tidak bisa dibersihkan dan membusuk. Rasa sakit ini bisa berulang-ulang terjadi selama beberapa waktu. Masalah ini biasanya diatasi secara simtomatik (menyembuhkan gejala) dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, anti peradangan, dan kadang-kadang antibiotika. Selain itu, letaknya yang tidak normal ini menyebabkan adanya celah antara dua gigi tadi, sehingga memudahkan sisa makanan nyangkut. Dalam hal seperti ini, bisa terjadi bukan hanya gigi bungsu itu sendiri saja yang jadi rusak, tetapi gigi yang berada di depannya juga jadi berlubang. Gigi ini bisa juga sama sekali tidak bisa keluar dari tempatnya di dalam tulang. Dalam kasus seperti ini, gigi terbenam ini memang kadang-kadang bisa menimbulkan keluhan seperti sakit kepala berkepanjangan yang tak jelas sebabnya dll. Kalau ada gusi yang masih menutupi gigi bungsu ini (namanya operkulum) biasanya dilakukan pembedahan kecil, berupa pemotongan jaringan tsb. yang disebut operkulektomi. Mengenai dicabut atau tidak ,dr gigi-nya bisa dibagi dalam 2 kelompok besar. Pertama yang menganggap kalau gigi ini tidak ada keluhan apa-apa, biarkan saja. Kalau sudah mulai menyebabkan keluhan baru dibedah. Kedua, dokter yang menganggap gigi ini sebaiknya segera diangkat saja, karena cepat atau lambat gigi ini pasti menimbulkan keluhan atau masalah.

 

Gigi yang sering impaksi

Gigi impaksi adalah gigi yang gagal tumbuh secara normal pada lengkung gigi. Gigi yang paling sering impaksi adalah gigi bungsu. Ini karena gigi bungsu merupakan gigi terakhir yang tumbuh sehingga sering kekurangan ruang untuk tempat tumbuhnya.

Gigi bungsu juga dikenal sebagai geraham ketiga, yang merupakan gigi terakhir yang tumbuh di dalam mulut. Gigi bungsu tumbuh pada usia 17 – 25 tahun. Sebagian besar orang memiliki empat gigi bungsu: kiri atas, kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah. Gigi bungsu ini dapat bermanfaat jika tumbuh normal, tapi gigi ini lebih sering tumbuh tidak normal.

 

Kenapa Gigi Bungsu Sering Impaksi?

Mengapa gigi bungsu menjadi impaksi bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Penyebab utamanya karena tidak adanya ruang yang memadai di belakang gigi geraham kedua. Mengapa kurangnya ruang yang ada, sampai saat masih belum dipahami sepenuhnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian dengan membandingkan orang zaman purba dan orang modern, dikatakan bahwa orang zaman purba terbiasa makan makanan yang keras sehingga penggunaan gigi dalam pengunyahan sangat maksimal, hal ini yang merangsang pertumbuhan tulang rahang yang lebih besar, sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk gigi bungsu. Sedangkan saat ini, kebanyakan orang lebih sering makan makanan yang lunak.

Selain itu, orang zaman purba kebanyakan giginya rusak dan bahkan hilang. Karena kehilangan gigi tersebut, gigi yang berada di belakannya cenderung bergerak maju. Pergeseran ini akan membuat lebih banyak ruang yang tersedia untuk gigi bungsu. Sedangkan saat ini sudah ada kedokteran gigi modern yang mampu merawat gigi yang rusak dan bahkan yang hilang.

Penyebab lainnya, bisa karena posisi gigi tetangganya, kepadatan tulang atau jaringan lunak berlebih yang menutupinya.

 

Apakah Harus Diambil? Kenapa?

Dokter gigi atau dokter bedah mulut merekomendasikan agar gigi bungsu harus dicabut bahkan sebelum kondisinya menjadi lebih serius. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang lebih lanjut atau semakin rumitnya pencabutan yang mungkin harus dilakukan beberapa tahun kemudian.

Gigi impaksi dapat menimbulkan rasa sakit dan mengakibatkan infeksi. Dan dapat merusak gigi atau akar gigi sebelahnya. Dan bahkan dapat menjadi lebih serius dengan munculnya kantung yang mengelilingi gigi yang impaksi yang berisi cairan dan membesar yang disebut dengan kista. Pada kasus yang jarang, jika kista tidak diobati, maka akan menjadi tumor sehingga diperlukan prosedur pembedahan untuk pengambilannya. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan komplikasi ini akan terjadi. Diperkirakan sekitar 85% dari gigi bungsu perlu diambil.

Dan dalam sebuah studi baru-baru ini yang disponsori oleh the American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons and the Oral and Maxillofacial Surgery Foundation menemukan bahwa gigi bungsu yang menembus jaringan dan tumbuh di dalam mulut dalam posisi normal ternyata juga rawan terhadap penyakit seperti yang terjadi pada gigi bungsu yang impaksi.

 

Kapan Sebaiknya Diambil?

Tidaklah bijaksana jika melakukan perawatan ketika gigi geraham bungsu baru mulai mengganggu. Secara umum, pengambilan lebih dini akan memudahkan proses penyembuhannya. Dalam penelitian American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons and the Oral and Maxillofacial Surgery Foundation (AAOMS/OMSF) sangat menganjurkan untuk mengambil gigi bungsu pada saat remaja (usia 17-18 tahun) dalam rangka mencegah munculnya masalah di masa yang akan datang dan untuk memastikan penyembuhan yang optimal. Para peneliti menemukan bahwa pasien yang lebih tua lebih berisiko mengalami gangguan, termasuk peradangan gusi.

 

 

 

 

 

 

81 responses to this post.

  1. maaf saya ingin bertanya bagaimana kalau saya akan mengangkat gigi bungsu saya,kalau umur saya berumur 34 tahun..terimakasih

    Balas

  2. Posted by santy on 5 Agustus 2012 at 9:13 pm

    U prosedur impaksi 2 akar gigi geraham atas yg bengkok apa perlu dibius total?tks

    Balas

    • Biasanya dilakukan pembiusan lokal meskipun dilain kasus akan berbeda dalam hal tindakannya
      ,Anestesi lokal merupakan tindakan memanfaatkan obat bius yang cara kerjanya hanya menghilangkan rasa di area tertentu yang akan dilakukan tindakan. Caranya, menginjeksikan obat-obatan anestesi tertentu pada area yang akan dilakukan sayatan atau jahitan. Obat-obatan yang diinjeksikan ini lalu bekerja memblokade saraf-saraf tepi yang ada di area sekitar injeksi sehingga tidak mengirimkan impuls nyeri ke otak.
      Anestesi lokal ini bersifat ringan dan biasanya digunakan untuk tindakan yang hanya perlu waktu singkat. Oleh karena efek mati rasa yang didapat hanya mampu dipertahankan selama kurun waktu sekitar 30 menit seusai injeksi, bila lebih dari itu, maka akan diperlukan injeksi tambahan untuk melanjutkan tindakan tanpa rasa nyeri.

      Balas

  3. Posted by wahyu on 18 September 2012 at 7:46 am

    apakah sakit jika untuk buka mulut dan susah untuk membuka mulut secara lebar itu trmasuk tnda dari tumbuhnya gigi bungsu

    Balas

    • saua mengalami susah buka mulu secara lebar, dan sering agak “nyangkut” ketika buka rahang lebar-lebar lalu menutupnya. setelah periksa dan foto rontgen. ternyata ada gigi bungsu tumbuh menyamping dan menabrak geraham (sampai akar geraham bengkok). belum lama ini saya operasi pecabutah gigi bungsu di kanan bawah. kanan atas dan geraham yang bengkok juga dicabut kerena rusak. total 3 gigi.

      Balas

  4. gigi bungsu sy sllu sakit,sekarang ne yg paling teruk sy tk leh buka mulut,mkan pon tk leh,sy tk brani nak jumpe dokter,dari pade kecik sy memang dah takut ma dokter,sy dah trauma,,,,,,,,,,,klu bleh sy nak ambek obat je kat farmasi,mang bleh ke????????

    Balas

  5. Bener 2 menyiksa sakit banget.. tapi kata dokter bs sembuh sendiri dan saya kemaren cuma diberi obat antibiotik dan pengurang sakit, dan disuruh nunggu tumbuhnya… aduh gmana baiknya saya nchh..

    Balas

  6. sebenarnya cuma gusinya yg disingkirkan tw gigix yg dcbut?
    cz sepengetahuan sy yg skt itu gusi yg terletak diatas gigi bkn giginya

    Balas

  7. [...] Gusi Bengkak Bagian Belakang (Impaksi) [...]

    Balas

  8. Posted by jangankuatir on 22 November 2012 at 12:03 pm

    Gigi istri saya impaksi dan br dicabut oleh dokter gigi. Kondisi sudah kronis krn sudah sejak 2 tahunan impaksi terjadi. Tp yg jd masalah setelah dioperasi malah sakitnya melebihi sebelum dicabut bahkan merembet ke kepala. Kata dokter tulangnya hancur ketika gigi geraham terangkat. Dan dikasih obat pengurang nyeri pun masih sakit hingga kini (sudah semingguan). Kenapa ya masih sakit padahal impaksi sudah dicabut

    Balas

  9. Posted by rachel on 30 Desember 2012 at 3:38 pm

    mau nanya ni
    umur saya baru 14 thn tp kedua gigi geraham saya sudah mulai tumbuh
    apa itu harius d cabut? atau tdk?
    mohon jawab

    Balas

  10. Posted by Aep Saepudin on 8 Januari 2013 at 10:52 am

    Mau nanya, gusi saya sering bengkak sebelah kanan bawah. Setelah di panoramik, gigi gerahamnya impaksi, dan sarannya gigi gerahamnya harus di angkat. Masalahnya usia saya sdh 44 tahun. Takut ada komplikasi. Gmn sarannya. Tk

    Balas

  11. Posted by indira on 10 Januari 2013 at 4:51 am

    dulu z pernah impaksi truz dicabut tp skr kok kyaknya z merasa g nyaman dg bau mulut n rasanya sm kyak waktu impaksi dulu. apakah ini pengaruh impaksi yg dulu ato ada penyebab yg lain???

    Balas

  12. Saya m0 tanya,saya umurnya 22 th,gigi bungsu saya sering bengkak m0 di cabut masih bisa pa gk

    Balas

  13. Posted by joko on 18 Januari 2013 at 8:06 am

    Dok saya. mau bertanya apakah pasta gigi yang kadar luarsa bisa menyebabkan gusi bengkak?

    Balas

  14. sy mo nanya, gusi sy bagian belakang kanan bawah skr bengkak dan seperti sariawan, apa musti dicabut gigi bungsunya? cenut2 minta ampun rasanya. masalahnya sy skr lg hamil

    Balas

  15. jadi intinya solusi untuk gigi bungsu ini tuh dicabut ke dokter ya ?

    Balas

  16. Posted by anisa on 5 Maret 2013 at 11:33 am

    saya sekarang lagi sakit gusi belakang bawah kanan.. karena gigi tumbuh.. rasanya pengen nagis gak kuat menahan sakitnya cenut2… jangankan buat makan buat nelen sakitnya minta ampun, gak bisa bicara susah mau ngomong… mau minta solusi kira2 harus di apain ini.. gisinya apa giginya yang harus di obati…

    Balas

  17. Posted by Sukma nurulita on 20 Maret 2013 at 3:43 am

    Saya mengalami skit gigi geraham paling ujung bawah sebelah kiri.keliatannya pertumbuhn giginya ga utuh krn ada kulit semcam daging yang mnutupinya.rasanya sakit sekali sampai makan pun tak bisa.kadang sakitnya mnjalar ksampai ke kepala bagian kiri..umur saya skrang 26.apakah tindakan yang hrus diambil agar hilang rasa sakit ini?trims

    Balas

    • sya umur 23th, baru kali inimerasakn sakit gigi blkng geraham seperti bengkak, nyeri, sakit, ngilu, pokoknya gk bsa bwt aktifitas brat2, makan susah, meludah sakit, bicara,tidurpun sakitnya mint ampun, waktu sya lihat kayaknya geraham saya tertutup gusi deh, waduh nyerinya minta ampunn.. adakah alternatif ain selain dicabut, takuuut bgt sma dokter, apalagi smpe disuntik digusinya,, hadewww gbsa bayangin deh.

      Balas

  18. Posted by vitro malurang on 23 Maret 2013 at 6:08 am

    dok saya pux gigi bungsu yg sudah 3 tahun tumbuhx ngk total,, dan sampe skarang masih sering kambuh sakit dan bengkaknya… apa sebaikx di lakukan pengangkatan gigi ya????

    Balas

  19. Posted by karisma on 30 Maret 2013 at 11:24 am

    dokter saya ber obat udah ke 3 dokter ngasih obat nya kaga ada yang mempan satu pun terutama penghilang rasa sakit nya hanya bertahan 2 jam saja terus sakit lagi obat apa yang aga tokcer nihh

    Balas

  20. Posted by Natha on 30 Maret 2013 at 7:49 pm

    Gusi belakang rehang kanan bawah saya juga sedang bengkak, tadinya saya kira hanya akan tumbuh gigi Graham bungsu seperti biasa. Tapi setelah beberapa hari gusi saya sakit, grahamnya hak keluar2 tapi gusi saya malah bengkak hingga sebesar gigi Graham. Apa gusi saya itu perlu diangkat atau hanya terkena infeksi saja?

    Balas

  21. Posted by ludi on 30 April 2013 at 4:36 am

    saya operasi gigi bungsu sama dokter gigi, tapi akarnya belum kecabut. dan bengkak udah 3 hari. kira kira kapan kempesnya yaaa. trus bengkaknya sakit agak keras. emang begitu yaaa.

    Balas

    • Posted by MICHAEL on 9 April 2014 at 11:01 pm

      Sy juga baru cabut gigi geraham (bukan gigi bungsu)
      Setelah 2 hari pengangkatan gigi, ternyata gusi saya bengkak (tepat diarea cabut gigi) dan agak keras bila ditekan.. Itu kenapa y?

      Balas

  22. Posted by dika on 6 Mei 2013 at 3:57 am

    saya mau tanyak beri solusi dan saran nya ya ..
    gigi bungsu saya mulai tumbuh … ni gigi ujung saya terjadi pembengkakan gmna cara solusi biar pembengkakan ini bisa ilang … oke terima kasih

    Balas

  23. Gigi baru mau tumbuh ni.. yg sakit bukan giginya,tapi gusi yang ada diatas gigi bungsu itu.. . bhaya gak ya? krn rasanya nyeri,gatel,linu,buat makan sakit.. jd gak bisa tidurrr.. . masyaalLah :(

    Balas

  24. Posted by vivi indra santika 19 tahun on 5 Juni 2013 at 6:11 am

    ini bener” harus dibedah dok ? kalau misalnya saya gak mau di bedah gimana cara perawatannya terus apa obatnya kalau bisa pakek obat alami aja langsung? mohon bantuanya

    Balas

  25. Posted by Debby on 13 Juni 2013 at 7:37 am

    Beberapa th yg lalu kira2 th. 2009/2010 gusi belakang kiri bawah sy mengalami impaksi. Awalnya membengkak dan terasa sakit, sy biarkan dan setelah itu tidak apa2. Namun setelah beberapa lama, gusi itu mengeluarkan cairan putih seperti nanah dan bau setiap kali ditekan. Sy periksakan k dokter gigi, oleh dokter gigi pertama sy diberi antibiotik, beliau bilang tidak apa2 nanti akan hilang sendiri. Setelah obat habis tidak jg berhenti. Selanjutnya sy k dokter gigi yg lainnya, beliau jg memberi antiobiotik plus menganjurkan sy utk memeriksakan k dokter bedah mulut. Oleh dokter bedah mulut sy diminta utk melakukan rontgen, beliau khawatir klo penyebabnya adalah kista. Berdasarkan hasil rontgen ternyata kondisi gusi sy baik2 saja, beliau katakan bahwa penyebab cairan itu adalah sisa makanan yg terperangkap dan bercampur dgn kelenjar ludah sehingga berbau, lalu sy diberi resep antiobiotik. Beberapa tahun berlalu dan gusi sy masih seperti itu. Saat ini sy khawatir dok, karna sy br mengetahui kalau sy hamil. Sy takut hal ini berpengaruh ke janin sy. Apa yg harus sy lakukan?

    Balas

  26. Posted by yopie on 13 Juni 2013 at 1:47 pm

    saya sudah 5 hari cabut gigi, dan dalam gusi tersebut terdapat nanah ? apaakh itu dapat dihilangkan ? rasanya ngilu sekali

    Balas

  27. Posted by Eka on 16 Juni 2013 at 11:14 pm

    I’m 16. saya sudah kurang lebih 3 hari mengalami pembengkakan gusi seperti yg dijelaskan di atas, namun belum saya beri tindakan apa-apa. jadi… saya harus bagaimana? bingung dah-_-

    Balas

  28. Posted by mgm.smd_neng@yahoo.com on 20 Juni 2013 at 7:26 am

    sudah 5 hari ini saya bengkak gusi..itu akibat dari tumbuhnya gigi bungsu bawah kanan,,rasanya sangat menyiksa sekali susah makan..mangap..bahkan minum obat pun mesti di gerus supaya bisa masuk..yang saya mau tanyakan gigi bungsu itu mesti di cabut ya supaya tidak sakit lagi ?..apakah itu tidak berbahaya terhadap saraf mata ? secara di paksa gigi mau tumbuh malah di cabut.

    Balas

  29. Posted by dewir riyanti on 11 Juli 2013 at 1:09 pm

    gigi bungsu saya mulai tmbuh, akibatnya gusi jd bengkakk,
    selain d cabut giginya,, da pngobatan lain tidakk?
    tolong mnta saran dan solusinya.
    trimakasih

    Balas

  30. Posted by Sulistioningsih on 15 Juli 2013 at 12:12 pm

    Saya mau brtnya bgaimna cra mngurangi rasa sakitnya agar tidak kambuh lg slain cra mncabut?? Soalnya sekarang sya mngalami hal itu, dn itu ckup mnggnggu aktifitasku,. Krna skit bnget smpe k kpla??

    Balas

  31. Posted by 085743443378 on 20 Juli 2013 at 9:40 am

    20 Juli 2013,,hari sabtu,,,
    Haduh, ,….. gusi ane yg belakang bengkak nichh,,, sakit nya minta ampun????????? lagi pusa malah dapet rejeki nihh,,,,alhamdulillah aja dah>>>> makasih tips nya yahhh… ntar ane coba ,,, semoga sembuh,,, aminnnnnn.

    Balas

  32. Posted by novsha on 22 Juli 2013 at 2:49 am

    gusi saya bengkak akibat gigi geraham yang tumbuh terhalang oleh gusi yang mengakibatkan gusi menjadi bengkak tak karuan sakitnya, sudah hampir setahun lebih gigi geraham tumbuh tidak sempurna namum baru-baru sekarang saya merasakan gusi bengkak dan sakit, sebelumnya gusi saya tak bengkak.
    tolong minta saran dan solusinya dok?
    bagaimana untuk mengyrangi rasa sakit pada gusi yang bengkak akibat gigi tang tumbuh?

    Balas

  33. Posted by gio on 24 Juli 2013 at 9:19 am

    aduh min sakit bgt nih gusi ku paling dalam atas kanan… padahal gigi paling belakang masih dalam proses keluar,,, gimana ngilangin rasa sakit na??

    Balas

  34. Gusi saya udah lama bengkak, merah, kalau lg kumat kadang bs mnimbulkan nanah, gusi yg bengkak di bgian gigi geraham bawah, gigi’a berlobang, dulu sering sakit giginya skrg cma gusi yg sering trjdi mslh bngkak, klo lg skt gigi agk goyang, bolehkah dicabut sndri? Atau gmn penanganan’a, klo sy prgi ke dktr pling cma dksh obt aja, saat ni lg bngkak, skit’a smpe ke kepala, mhn jwbn

    Balas

  35. Gigi raham bungsu saya tumbuh, dan sakitnya naujubillah,, dan sakitnya sampe ke tenggorokan,, gmna ni solusinya dan kira2 sakitnya smpe brpa lama??

    Balas

  36. saya juga mengalami pembengkakan gusi bagian belakang. tapi tidak disertai darah saat menggosok gigi. apa itu juga termasuk gigi impaksi?

    Balas

  37. Posted by Siedartha on 18 Agustus 2013 at 1:46 pm

    Cba iini gmn yah,gigi geraham atas kanan sakit gusinya… Ada ga cara paling instan menyembuhkannya. Terima kasih.

    Balas

  38. Saye skt blah blakng gusi blah kiri…mule2 bngkak biase lps beberape ari
    Gusi y bngkak tu xsust tp die menggeras..ade ke tu bahaye?mkn pn xselese.

    Balas

  39. Posted by Mona Revia on 27 Agustus 2013 at 3:08 pm

    gigi bengkak bagian belakang (bagian kiri atas n bawah) apakah Impaksi..

    gimana cara pnyembuhannya

    Balas

  40. terima kasih atas informasinya, lengkap dan bermanfaat :)

    Balas

  41. Posted by triyono on 14 September 2013 at 4:33 am

    kalau semua orng gak punya gi2 tentu gak ada sakit gi2..

    Balas

  42. Posted by sri agung on 19 September 2013 at 2:26 am

    gigi saya bawah kiri rasanya gak karuan, gimana solusinya?????

    Balas

  43. saya umur 21 tahun 2 hari ini gusi saya sakit , bengkak , sepertinya akan tumbuh gigi bungsu , sakit nya bkn main , dn saya sedang menggunakan behel ,, apa itu berpengaruh ? dan saya harus bagaimana untuk mnghilangkan nyeri . apa itu hal yg wajar ….

    Balas

  44. Posted by HKarimah on 8 Oktober 2013 at 11:59 am

    adakah cara lain untuk menghadapi masalah gigi impaksi selain di cabut gigi?
    mohon balasannya

    Balas

  45. Posted by joenk on 21 Oktober 2013 at 12:27 pm

    ga ada tetap harus cabut gigi,itu penyelesaian terakhir

    Balas

  46. saya Lilis Syolicha, umur saya 19 tahun.
    Hampir seminggu gigi saya bagian kiri bawah emang saki. Hari ini semenjak di kampus, gigi saya sakit banget.
    Pas pulang, saya ngaca, ternyata kayak ada sobekan gitu, tapi keliatan ada putih-putih, apa itu gigi bungsu ?
    Masa sih, gigi bungsu tumbuh di umur saya ini yang baru 19 tahun ?

    Balas

  47. Posted by Fitrimustika on 31 Oktober 2013 at 1:07 pm

    umur saya 23 tahun.
    gigi geraham saya sblh kanan bawah….. sakit sangat……
    sebaiknya, gigi nya di cabut apa gusi nya di operasi?????
    please…. help me! !!!

    Balas

  48. Posted by nurrina on 9 November 2013 at 1:30 am

    sy tidak tau apakh gigi sy yang bengkak ini gigi impaksi atau bukan, tapi dibelakang gigi geraham sy ada gigi yang tumbuh,dan itu membuat gusi sy terbelah dan membuatnya sakit dan bengkak pada sisi bengkak seperetinya sangat keras yg mw sy tanyakan apakah gigi yang tumbuh disamping gigi geraham sy harus sy cabut??????

    Balas

  49. Posted by Asri Tri Amborowati on 11 November 2013 at 4:39 pm

    ArtikeL yg sangat bermanfaat. Kondisi ini terjadi pada saya. Tapi saya baru tau kalo ada gigi bungsu yg impaksi 6bln terakhir ni, ketika gusi meradang cek dokter tdk ada gigi yg bolong/rusak.. Ternyata gigi bungsu impaksi. Setelah sehat saya pikir tak perlu terburu2 cabut gigi, tapi sekarang bengkak kembali tanpa sebab yg jelas.. Sepertinya memang harus dicabut ya? Sebaiknya pencabutan ke RS atau bs di klinik gigi saja ya?

    Balas

  50. Posted by kikky on 14 November 2013 at 3:38 am

    usia saya 23 tahun, gigi bungsu kanan bawah saya tumbuh 3 bulan lalu tapi tidak sempurna . awalnya tidak ada masalah tapi sekarang gusi saya membengkak , menutup mahkota gigi yang sudah muncul. rasanya sakitsekali. pipi kanan saya membesar ,jika diraba seperti ada kelenjar kecil. sakitnya sampai menimbulkan demam dan sakit kepala yang luar biasa, untuk menelan dan membuka mulut rasanya susah sekali. pembengkakan sudah dua hari, saya rutin berkumur air garam hangat, air larutan albotil dan untuk pereda nyerinya saya minum parasetamol. pertanyaan saya, apakah nanti akan membaik dengan sendirinya atau perlu dilakukan operasi kecil pada gusi saya dan pencabutan si gigi bungsu tersebut? beresiko atau tidak, mengingat mahkota gigi saya hanya sebagian kecil yang tampak? thx..

    Balas

  51. Sepupu saya 1th yg lalu operasi akibat tumbuh gigi bungsu! Dan skrg gusi belakang kanan saya bengkak dan menutupi bagian gigi depannya, sampai kapala pusing, telinga sakit dan demam! 1 mgu berlalupun hilang, dan kini timbul hal yang sama di bagian gigi graham kiri saya lagi. Pusing knp bisa begini, padahal gw rajin sikat gigi ampe kinclong! Waktu itu saya minum obat antibiotik dan pereda nyeri. Sekedar saran kalo kalian mau beli obat antibiotik n pereda nyeri beli yg bagus! Antibiotik beli merk nya AUGMENTIN dan pereda nyeri merk nya CATAFLAM 50MG.

    Balas

  52. umur saya 31thn. skg ini saya mengalami pembengkaan gusi belakang sebelah kanan berwarna merah dan gusi yg dekat dgn gigi sampe berwarna putih, buat bukak mulut lebar2 aja susah, ngunyah makanan susah apalagi nelen makanan duh aduh sakit pol. tlg beritau saya apa yg harus saya perbuat pertama kali utk sembuh total. trims

    balas

    Balas

  53. Biaya pemotongan gusi sekitar berapa dok ?

    Balas

  54. Biaya potong gusi berapa ya dok ?

    Balas

  55. Posted by m imron on 20 Desember 2013 at 11:21 am

    Kenapa graham,dibawah gigi bagian kedua,dari belakang?
    Bengkak namun tidak sakit… Bagaimana cara mengobatinya.mrs,najwa
    …mohon jawabannya…!
    Thank you..

    Balas

  56. Posted by cici on 23 Desember 2013 at 7:56 am

    saya juga sedang mengalami masalah gusi bengkak seperti kebanyakan komentar diatas,,,, sudah kali ketiga bulan2 ini terjadi,,,sakit luar biasa,,,sampai2 susah menelan air ludah,,,, tapi saya masih ragu untuk mencabutnya,,,,saya berpikir,,kenapa Tuhan memberi gigi bungsu jika harus dicabut,,,pasti ada fungsinya,,,, ?//
    –”

    Balas

  57. Maaf, saya baru berumur 12 tahun, dan saya sudah 2 kali mengalami kejadian seperti ini, sebelumnya terjadi pada gusi bagian belakang sebelah kiri, dan sekarang bagian belakang bagian kanan, begitu saya makan, saat mengunya makanan dengan gigi bagian kanan belakang rasanya ngilu dan sakit sekali, saya sudah kumur dengan air garam, tapi masih sakit, apakah saya harus ke dokter untuk cabut gigi?

    Balas

  58. Posted by Nurdin on 7 Januari 2014 at 3:28 pm

    Permisi,,Saya Mau Tanya..
    Gigi saya sering terasa sakit .
    anehnya semua gigi yang ada di sebelah kanan rasanya ngilu,Sampai” rasa ngilu tersebut sampai terasa sakit ke mata,,

    Mohon Penjelasannya atas penyakit gigi saya,

    Balas

  59. Sekedar sharing… Sabtu minggu lalu saya operasi pencabutan gigi bungsu. Kata dokter, gigi yg hrs diambil pertama adlh 2 gigi bungsu sblh kanan karna udah lebih terlihat dibanding yg sblh kiri. Sebenernya yg tdk normal tumbuhnya itu cuma yg bawah tapi yg atas jg hrs diambil karna kalo nggak, akan mengganggu percernaan makanan di mulut. Pasca operasi, gusiku membengkak & pipiku keliatan nggak simetris. Tapi kata dokter itu wajar. Dan 2 minggu lagi, 2 gigi sebelah kiri bakal dicabut jg…

    Balas

  60. Iya, dok bagaimana penanganan yang tepat? Gusi saya juge sedang sakit. Tempatnya sama di gusi kanan bawah di belakang. kalau makan sakit. Kalau lagi senyum juga keteken jadi sakit … mudah-mudahan cepet sembuh tanpa obat dok. Soalnya saya anti banget sama obat. Bahkan saya udah stop obat udah beberapa tahun lamanya.

    Balas

  61. Posted by Tuti on 24 Januari 2014 at 10:01 pm

    Saya mau bertanya, gusi dibelakang geraham bungsu robek dan meradang, begitu jg dg gusi disekitar geraham bungsu merah, bengkak dan beberapa hari kemudian terdapat lubang dibelakang gigi, sakit sekali. Bagaimana cara mengatasinya?

    Balas

  62. Posted by veronyka on 1 Februari 2014 at 4:43 am

    pipi saya bengkak dan gigi berlubang, apa ada cara mengobati nya?
    saya sudah kasih obat macam macam tapi sama sekali ga ada perubahan, apa jalan satu satu nya harus ke dokter gigi?

    Balas

  63. […] Gusi Bengkak Bagian Belakang (Impaksi) | NAJWA KAYRA ELVARETTA […]

    Balas

  64. Posted by nuzul mulia on 21 Maret 2014 at 12:20 pm

    saya mau tanya kenapa kenapa gusi saya sangat sakit ketika tumbuh gigi baru akhir2 ini, tidak seperti yang kemarin, itu kenpa ya

    Balas

  65. sya 23th, gigi geraham sya sakit bgt, utk makan, meludah, nelen, bicara, bhkan utk tidur sakitnya minta ampun, adakah car lain selain dicabut giginya.. takut sma dkter klw disuntik digusi pasti skit kan, klw g slh sya lihat tu gigi geraham tertutup gusi deh sakit bgt wktu dipencet2,, rasanya ngilu, nyeri, skit smpe gbsa tidur, adakah alternatif lainx. mohon bantuanx. oia klw emg tumbuh gigi bukanx gigi bwh total 16 ya, klw tumbuh kan jadi 17.. wkwkwk

    Balas

  66. Posted by aya on 12 April 2014 at 3:18 am

    bulan kmaren gigi bungsu saya yg bawah dan lebam serta bolong,, rasanya sakitb dan nyeri banget,, skrng pindah yg bawah sebelah kiri,, kira2 saya harus bagaimana?

    Balas

  67. Aduh gusiku udah 3 tahunan sering sakit gusi.. kalo lagi sakit susah ngunyah dan mangap… hadeuh trrsisa sekali.. pengen dicabut tapi takut masih g prcaya sama dokter takut gagal…hehe

    Balas

  68. Kira kira gimana yah apa saya cabut z giginya atau obati sperti biasa tapi setelah 1 bulan kambuh lagi?

    Balas

    • Posted by goro on 23 April 2014 at 7:47 pm

      Kalau menurut saya ya mas, lebih baik agan konsultasi langsung ke dokter. jangan sampai terlambat mas, saya udah kejadian berulang-ulang tapi dengan periode yg lama, saya kambuh setiap 2 tahun sekali, sekalinya kambuh sakit banget, sekarang saya ngalamin lagi. -__-

      Balas

  69. Bagaiman jika usia yang sdh melebihi usia yang tercantum di atas?
    apakah jika di cabut dapat menimbulkan efek yang parah atau bagaimana?

    Balas

  70. Saya mau tanya soal yang paling penting dok!
    Jika harus di insisi berapa biaya yang harus dikeluarkan?dan berapa biaya untuk cabut gigi bungsu yang tertutup gusi?
    Mohon dijawab dok?

    Balas

  71. Posted by margareta on 23 Mei 2014 at 3:17 am

    kira kira brpa ya biaya operasi kecil pengakatan gusi nya

    Balas

  72. Posted by Xsan on 25 Mei 2014 at 12:54 pm

    Kata orang tua, gigi bungsu itu di biarkan ndak masalah, apa bener?

    Balas

  73. Posted by Marketing GlobalShop on 30 Mei 2014 at 2:51 pm

    saya juga dok , ini baru tumbuh dua kanan dan kiri, dulunya kanan dulu yg muncul sempat nyeri, tapi udah nggak lagi, nah ini yang kiri bawah, sakit gak terlalu, tapi gusi bengkak dan kadang kalo saya liat kaya ada cairan seperti nanah, pas di pencet keluar juga ada darahnya sedikit, itu apa masih wajar dok ? atau harus ada penanganan lanjut ? nuwun.

    Balas

  74. Posted by teh nung on 4 Juni 2014 at 5:23 am

    bener sekali sakitnya gigi bungsu gatel pedih ,,apalagi posisinya mirig terasa nusuk nusuk eh ternyata setelah di cabut ekor nya juga yg satu miring ,
    sekarang isia ku 37 ,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: