Menyusuri Kesedihan Lewat Kesabaran Menuju Kebahagiaan

Mo belajar males…..mumpung aktifitas kampus sedang lumpuh karena menuju perubahan yang lebih baik dan juga besok libur 2 hari…mo ngapain lagi! iseng aja nulis,itung-itung ngajak pikiran dan hati untuk bertamasya ke samudra kebahagiaan melalui jernih pintunya. untuk mahasiswaku tetap semangat untuk menuju perubahan.beberapa minggu ini saya dihadirkan satu guru yang begitu istimewa yang datang melalui permasalahan dari istri,temen ,saudara,pembantu,pedagang dll  yang saya temui di tiap hari. Sang maha GURU itu bernama KESABARAN, beberapa pesan Allah begitu banyak yang mengingatkan tentang hal itu, karena banyak persoalan yang harus dibentenginya dengan kesabaran, bentengpun tak cukup dengan satu kesabaran begitu waktu ke waktu yang tanpa henti selama kita masih bernyawa.

Hidup,bisa diartikan sesuatu yang bergerak sedangkan  Kehidupan  bagaimana kita bersikap terhadap hidup yang senantiasa dinamis dan tak tentu. Klo melihat dalam konteks tersebut hidup itu lebih tergantung pada cara,sudut dan apa – apa yang kita prasangkakan kepadanya. Bila kita menyangka bahwa hidup adalah masalah,kesedihan,resiko maka hidup kita bisa disimpulkan bahwa hidup adalah penderitaan.Begitu sebaliknya jika kita prasangkakan sebagai sesuatu yang menyenangkan,indah,cinta maka Hidup kita menjadi Bahagia.

Kesedihan dan kebahagiaan adalah kedua kaki yang menopang keseimbangan hidup, yang menguatkan untuk menjalani kehidupan. Kenapa kita tertatih dan berjalan dengan kaki kesedihan disisi lain kita membiarkan kaki kebahagiaan  (optimisme) lumpuh begitu saja. Adakalanya kita menyerahkan hal – hal yang diluar jangkauan dan kemampuan kita (takdir) kepada-Nya. Biarkan Sang Pengendara  kehidupan berkreasi  atas diri kita. Dan kita terfokus /usaha yang bias kita lakukan di depan mata. Seperti ayunan semakin kuat dan bernafsu kita menginginkan kebahagiaan semakin kuat dan keras lah kesedihan akan menggodanya.

Kesedihan,kebahagiaan adalah sesuatu yang tidak pasti, dan setiap saat dan kapanpun bisa berganti . Kenapa kita termasuk saya sering merisaukan sesuatu yang tidak pasti dan sering berganti wajah.Terlalu banyak energi yang kita buang begitu saja pada hal-hal yang tidak pasti dan tak tentu. Bukan wajah yang kita ratapi,tetapi dibalik wajah yang terus berganti, memaknai setiap pergantian dan memaknai setiap tampilan.Saatnya kita melakukan yang terbaik dan menciptakan surga-surga yang ada di depan mata untuk kita raih sekarang juga. Menyusuri  kebahagiaan kehadiran Tuhan lewat istri,temen saudara,dan semua yang kita temukan tiap harinya adalah hal pembelajaran untuk penemuan kesejatian hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s