Lien

LIMPA

 

 

 

Limpa terletak di perut kiri bagian atas, sehingga pukulan hebat di daerah lambung bisa memecahkan limpa, merobek pembungkusnya dan jaringan di dalamnya.
Jika limpa pecah, sejumlah besar darah akan masuk dalam rongga perut.
Kapsul limpa bagian luar yang kuat untuk sementara waktu bisa menahan perdarahan, tetapi diperlukan pembedahan segera untuk mencegah kehilangan darah yang bisa berakibat fatal.

PENYEBAB
Limpa yang pecah merupakan komplikasi yang paling serius dari cedera bagian perut karena kecelakaan mobil, kecelakaan pada olahragawan atau karena pemukulan.

GEJALA
Limpa yang pecah menyebabkan perut terasa nyeri.
Darah di dalam perut merupakan iritan dan menyebabkan nyeri; otot-otot perut berkontraksi secara refleks dan teraba kaku.

Jika secara berangsur-angsur darah mengalir keluar, bisa tidak timbul gejala-gejala sampai pasokan darah tubuh benar-benar habis dan menyebabkan tekanan darah menurun atau oksigen tidak dapat diantarkan ke otak dan jantung.
Keadaan ini memerlukan transfusi darah segera untuk mempertahankan sirkulasi yang baik dan memerlukan pembedahan segera untuk menghentikan kebocoran; tanpa tindakan tersebut, penderita bisa masuk ke dalam keadaan syok dan meninggal.

DIAGNOSA
Dilalukan pengambilan foto rontgen perut untuk menentukan penyebab lain (selain limpa yang pecah) dari gejala-gejala tersebut.

Mungkin perlu dilakukan skening dengan bahan radioaktif untuk menelusuri aliran darah dan menemukan kebocoran.
Atau bisa dilakukan pengambilan sedikit cairan perut dengan jarum untuk melihat kandungan darah di dalamnya.

PENGOBATAN
Jika diduga suatu limpa yang pecah, segera dilakukan pembedahan untuk menghentikan perdarahan.
Biasanya seluruh limpa diangkat, tetapi kadang ahli bedah bisa menutup pecahan yang kecil dan menyelamatkan limpa.
Sebelum dan sesudah dilakukan pengangkatan limpa, diperlukan tindakan tertentu untuk mencegah infeksi.
Misalnya dilakukan vaksinasi pneumokokus sebelum pembedahan splenektomi dan sesudah pembedahan dianjurkan untuk menjalani vaksinasi influenza setiap tahun.
Banyak juga dokter yang menganjurkan pemberian antibiotik sebagai pencegahan.

 

Limpa adalah organ dalam tubuh yang berfungsi tempat cadangan darah dan organ tersebut berbentuk oval.Limpa sangat berfungsi apabila darah dibutuhkan di tempat lain darah akan dialirkan dari limpa. Limpa menghasilkan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi pada tubuh sehingga apabila limpa kita tidak berfungsi atau di ambil dari tubuh kita maka daya tahan tubuh kita terhadap infeksi akan menurun. Walaupun limpa sangat berguna pada tubuh kita namun kita dapat tetap hidup apabila tanpa organ tersebut.”

 “Sebelum dan sesudah dilakukan pengangkatan limpa, diperlukan tindakan tertentu untuk mencegah infeksi. Misalnya dilakukan vaksinasi pneumokokus sebelum pembedahan splenektomi dan sesudah pembedahan dianjurkan untuk menjalani vaksinasi influenza setiap tahun. Banyak juga dokter yang menganjurkan pemberian antibiotik sebagai pencegahan. Pemecahan sel darah merah juga bisa dilakukan oleh hati, limpa tugasnya hanya membantu saja, jadi hidup tanpa limpa = bisa”

 

Limpa pecah adalah suatu kondisi serius yang dapat terjadi jika seseorang mengalami trauma limpa. Tanpa perawatan cepat, limpa pecah dapat menyebabkan pendarahan yang mengakibatkan jiwa terancam. Pukulan ke perut–ketika olahraga, berkelahi atau kecelakaan mobil–dapat mengakibatkan limpa pecah. Limpa membantu tubuh melawan infeksi dan menyaring materi, seperti sel-sel darah yang tua atau rusak. Limpa juga memproduksi sel darah merah dan beberapa jenis sel darah putih. Limpa pecah dapat menuangkan sejumlah besar darah ke rongga perut.jika ditangani cepat, kecelakaan pada limpa dapat dapat disembuhkan tanpa operasi. Penderita kemungkinan akan tinggal di rumah sakit sampai satu minggu, sementara dokter mengamati kondisi penderita dan memberikan perawatan nonsurgical, seperti transfusi darah. Jika cedera parah, limpa mungkin perlu diperbaiki dengan pembedahan.”

6 Komentar

6 thoughts on “Lien

  1. Saya habiz kecelakaan dan limpa saya diangkat karena klo tidak bisa mengancam hidup saya. Setelah menjalani operasi saya gk bisa capek dikit. Klo cape dikit pasti sakit. Gmn klo kyk gt tu. Saya skrg bekerja n profesi saya dtuntut untuk melayani masyarakat. Gmn mengatasinya supaya saya tidak sakit2an? Terima kasih

    • meskipun saya bukan praktisi medis,tetapi paling ga istri saya berkelut di bidang medis….
      saya menulis ini karena kebetulan ponakan saya mengalami kecelakaan dan mengalamai pendarahan pada limpa,dan harus di operasi untuk mengurangi pendarahan!
      salah satu fungsi limfa adalah menjaga imunitas tubuh,karena profesi anda yang mungkin cukup menuntut untuk senantiasa prima saya sarankan untuk menjaga keseimbangan,baik pola makan maupun waktu!saya anjurkan untuk makan dengan pola yang seimbang baik kwalitas maupun kuantitas….asupan gizi yang berimbang!konsumsi jus jeruk nipis,jambu atu buah yang kaya akan kandungan vit C,karena vit C akan membantu menjaga “iklim” tubuh pada pH yang mendukung bakteri sehat, bukan virus dan bakteri yang merugikan yang berkembang dalam lingkungan asam lebih.karena keseimbangan asam basa!Makan banyak protein murni. Protein adalah sebuah blok bangunan untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi sedikit protein dan cenderung tinggi karbohidrat hanya akan mengakibatkan gula darah naik serta menekankan pankreas dan sistem kekebalan tubuh.Pastikan tidur malam Anda cukup. Semua orang kemiliki kebutuhan tidur yang berbeda: tubuh Anda mungkin perlu 6-10 jam tidur setiap malam. Tidur telah dikaitkan dengan kadar hormon seimbang (termasuk hormon pertumbuhan manusia dan hormon stres, kortisol), menjaga berat badan turun, pemikiran yang jernih dan penalaran, mood membaik, dan bersemangat. Tidur yang cukup juga erat kaitannya dengan kulit yang sehat.mungkin itu sebagian yang bisa saya share buat aniez…terima kasih

  2. Anak sy thalasemia umur 6thn ,krn transfusi yg terus menerus limpa membengkak dan hrs segera d operasi,yg ♏ªµ sy tanyakan makanan dan minuman apa yg tdk boleh d komsumsi utk ank tanpa limpa?terimakasih sebelumny

    • Untuk kasus tanpa limpa,mungkin tidak ada makanan yang secara khusus untuk dihindari selama itu baik dan bermanfaat untuk sistem imun tubuh anak anda tetapi yang perlu diperhatikan adalah makanan yang mendukung untuk sistem kekebalan tubuh anak anda diantaranya adalah yang telah saya sampaikan pada komentar sebelumnnya.sedikit kami tambahkan yang mungkin dapat memberikan referensi buat anda :
      1. Konsumsi Jus atau Buah
      Jeruk. Mengandung vitamin C yang banyak berperan dalam membangung daya ahan tubuh, di antaranya bersifat anti oksidan dan mampu melawan radikan bebas, serta meningkatkan produksi antibodi. Kandungan bioflavonoids dan karotenoid mencegah kanker.selain itu adalah jambu biji,apel dll.
      2.sayuran Hijau
      misal : Bayam hijau. Mengandung sekitar 1827 mikrogram vitamin A (dalam bentuk beta kariten) terdapat di dalam 100 gram bayam. Beta karoten berfunfi untuk melawan radikal bebas. Bayam juga mengandung bioflavonoids yang bila terdapat di jaringan tubuh untuk bekerja melawan karsinogen.
      3.Sup ayam
      Peneliti dari Universitas Nebraska menemukan bahwa mie ramen rasa ayam memblokir migrasi peradangan akibat sel darah putih.
      Temuan ini penting karena gejala pilek merespon akumulasi sel-sel di saluran bronkial. Asam amino sistein dihasilkan dari ayam selama proses memasak. Bahan kimia ini menyerupai obat bronkitis acetylcysteine.

      Apabila ditambahkan rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang merah, dapat meningkatkan kekebalan tubuh.karena dalam Bawang mengandung bahan aktif allicin yang ampuh melawan infeksi dan bakteri.

      Peneliti Inggris memberi 146 orang plasebo atau ekstrak bawang putih selama 12 minggu. Hasilnya, peserta yang memakan bawang putih dua pertiga lebih kecil kemungkinannya terkena flu.

      Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang mengunyah bawang putih lebih dari enam siung seminggu memiliki tingkat kanker kolorektal 30% lebih rendah dan tingkat kanker perut 50% lebih rendah.

      Dosis optimal: Dua siung mentah sehari dan tambahkan bawang putih yang telah dilumatkan dalam masakan selama beberapa kali dalam seminggu.

      Untuk kasus Thalasemia diharuskan menghindari makanan yang diasinkan atau diasamkan dan produk fermentasi yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh

      saya anjurkanuntuk menkonsumsi makanan yg mengandung zat besi yg bisa membantu menaikan hemoglobin diantaranya adalah
      • Roti dari gandum (yg berwarna coklat)
      • Daging sapi & kambing lebih banyak mengandung zat besi
      • Sayuran berdaun warna hijau.
      • Telur, tahu
      • Makan buah & sayuran dpt membantu penyerapan zat besi ke dlm tubuh menjadi lebih baik (contoh: orange jus tadi)

      terima kasih…

  3. kakak saya habis kecelakaan trz limfanya pecah. stlah drongsen hasilnya bahwa sudah rusak. yg sya tnyakan apakah akan ada dampak bagi kesehatany? ! apakah organ dalamya bisa berfungsi secara normal lagi?trim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s