Tips Sehat dan Menjaganya

Memiliki tubuh dan badan yang sehat seumur hidup adalah dambaan setiap orang. Namun situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita serta bervariasinya daya tubuh seseorang terhadap penyakit membuat hal impian tersebut sulit untuk dicapai. Semua orang pasti pernah sakit, namun resiko sakit dapat diminimalkan atau dikurangi resikonya dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Istirahat / Tidur
Waktu yang diperlukan manusia normal untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari atau sepertiga hari. Waktu tidur akan bertambah sesuai usia, di mana bayi, anak kecil dan manula membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa dan anak muda. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai serangan penyakit yang merugikan.

2. Makanan
Makanlah makanan yang bergizi secara teratur, tidak berlebihan dan tidak kurang. Kelebihan makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya menimbulkan penyakit kencing manis yang sangat berbahaya. Kekurangan makan juga dapat menyebabkan kurang gizi, darah rendah, lesu, dan sebagainya. Perhatikan pula kandungan gizi sesuai takaran yang wajar, karena berlebihan suatu zat tidak baik untuk kesehatan.

3. Kondisi Psikis / Psikologi
Jangan terlalu stres dengan berbagai hal dalam hidup anda. Buat apa susah, lebih baik kita bergembira. Jika pekerjaan anda membuat anda stres dan pusing tujuh keliling terus-menerus maka sebaiknya anda mulai mencari peluang bisnis atau pekerjaan lain yang tidak banyak membuat anda stres. Bila anda punya masalah ada baiknya anda bicarakan dengan orang lain yang dekat dengan anda. Beban psikis dan pikiran dapat mempengaruhi daya tahan tubuh yang efeknya dapat mengundang penyakit jasmaniah dan rohaniah. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Luangkan waktu anda untuk sesuatu yang menyenangkan bagi diri anda sendiri dan jangan sekali-kali lari ke minuman keras dan narkoba.

4. Daya Tahan Tubuh
Tingkatkan daya tahan tubuh anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman alami yang dapat menangkis serangan kuman dan penyakit. Membiasakan diri dengan jamu-jamuan tradisional atau sering minum teh kental pahit setiap hari dapat mengingkatkan zat anti oksidan dalam tubuh untuk melenyapkan zat radikal bebas dari alam sekitar yang merugikan kesehatan kita.

5. Ekonomi Finansial
Memiliki penghasilan yang cukup untuk keperluan sehari-hari dan tabungan untuk masa depan yang halal akan membuat hidup anda tenang lahir dan batin. Jika anda masih berjuang dengan kebutuhan dasar maka rubahlah pola pikir anda. Bekerja sama dengan istri, suami atau kawan anda untuk merintis sebuah usaha yang memiliki peluang serta prospek yang baik, siapa tahu bisa sukses dan membuat anda terbebas dari masalah finansial. Jangan hidup boros, dan mulailah hidup sederhana walaupun penghasilan anda besar.

6. Sosial
Hiduplah yang rukun dengan tetangga anda di lingkungan sekitar anda. Perbanyak teman dan relasi serta jauhi permusuhan dan segala sifat dan sikap buruk pada orang lain. Istilahnya seribu teman masih kurang, satu musuh kebanyakan.sudah kebanyakan. Memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga dan saudara sangat menguntungkan bagi anda, karena mereka dapat menolong anda sewaktu-waktu anda membutuhkannya. Pemilihan teman juga sangat penting. Pilihlah teman yang baik-baik yang bisa membantu anda dan tidak akan menjerumuskan atau merugikan anda. Timbal balik pun juga penting, di mana anda harus memberikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan pertolongan. Kehidupan sosial yang baik dan sehat dapat membuat anda rileks dan dapat mengurangi resiko terkena gangguan kejiwaan baik yang ringan maupu yang berat.

Makanan Sehat

Siapa yang tidak ingin sehat sampai usia tua nanti? Setiap orang pasti mendambakan kehidupan berkualitas hingga akhir usia mereka. Menurut penelitian, orang-orang yang mengikuti diet seimbang, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur dapat menikmati hidup lebih panjang dengan tubuh lebih segar bugar.

Tips berikut ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan sampai usia tua nanti. Seperti dikutip oleh Times of India, berikut ini adalah makan sehat untuk masa tua yang sehat.

  • Untuk kesehatan tulang
    Konsumsi keju bukan hanya untuk orang-orang muda. Makan keju bisa menjadi investasi awal untuk kesehatan tulang di saat usia lanjut. Keju mengandung kalsium tinggi yang bermanfaat bagi tulang. Untuk itu, tambahkan kalsium dalam menu harian Anda. Atau, konsumsi keju sebagai camilan, tentunya pilihlah yang rendah lemak.
  • Untuk otot
    Pilihlah makanan ringan yang mudah dan cepat dari protein kedelai. Bisa berupa susu atau makanan lain yang mengandung kedelai seperti tahu atau tempe.
  • Untuk kesehatan mata
    Makan makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan indera penglihatan sampai tua. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata. Lutein adalah nutrisi yang terdiri dari karetenoid, bersama dengan zeaxanthin, bagian dari xantophil yang dapat menyehatkan mata. Sumber lutein yang lain bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.
  • Untuk kesehatan jantung
    Orang mungkin tidak tahu bahwa popcorn adalah biji-bijian yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Popcorn juga mengandung serat yang tiga kali lebih besar dari biji bunga matahari, dan memberi Anda rasa kenyang lebih lama.
    Fungsinya juga mampu menyeimbangkan kadar gula darah sehingga bisa menghindari perubahan mood. Popcorn juga dapat menekan kadar LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Faktanya, popcorn memang camilan favorit. Vitamin B yang dikandungnya memberikan tambahan energi. Namun perlu diingat, makan popcorn menjadi berbahaya jika ditambahkan garam atau gula terlalu banyak.
  • Untuk kesehatan otak
    Rajin makan ikan salmon berguna untuk meningkatkan kesehatan otak. Pikiran Anda bisa lebih tajam termasuk ketika sudah mulai tua. Banyak penelitian medis menunjukkan, jenis ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon sangat baik untuk otak. Alasannya adalah karena asam lemak omega-3 dalam ikan berguna bagi kesehatan otak dan fungsi sel saraf untuk meningkatkan memori otak.

Sikap positif dan aktivitas fisik secara teratur juga merupakan kunci untuk mempertahankan kesehatan pada usia berapa pun. Yang akhirnya penting bagi kesehatan di hari tua nanti. Mulailah makan makanan sehat dari sekarang, demi usia tua yang sehat.

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s